Pendukungnya Rusuh, AEK Athena Dihukum Larangan Main di Eropa

Kerusuhan yang diperbuat suporter AEK Athena membuat tim dari Yunani itu dipaksa mendapat pil pahit. Lantaran UEFA resmi menghukum mereka dengan larangan berlaga pada turnamen Eropa sepanjang 2 musim.

Suspensi itu tidak lepas dari kerusuhan pendukung AEK Athena di pertandingan paruh grup Liga Champions musim ini. Kala mereka menjamu Ajax Amsterdam Oktober silam, para suporter terlibat keributan dengan fans klub tamu.

Mereka melempari suporter Ajax di tribun dengan bom Molotov. Alhasil banyak suporter kesebelasan tamu menderita luka-luka sampai perlu dilarikan menuju ke rumah sakit.

UEFA yang menyaksikan insiden itu juga segera menjalankan penyelidikan. Usai seluruh bukti lengkap, induk sepakbola Eropa itu segera menghukum tim Yunani itu larangan bermain pada turnamen Eropa.

Meski begitu, sebelum menetapkan suspensi larangan bermain dengan durasi 2 musim, organisasi yang diketuai Aleksander Ceferin itu memberikan penangguhan pada tim ibukota Yunani ini. Mereka terlebih dahulu bakal memberi suspensi percobaan 2 laga kandang tanpa penggemar serta denda senilai 80 000 €.

“Badan kontrol, Etika, serta Disiplin UEFA sudah mengambil keputusan untuk melarang AEK Athena berpartisipasi di dalam turnamen tim Eropa. Sanksi itu ditangguhkan buat waktu percobaan 2 musim. Tim perlu memainkan 2 pertandingan kandang Eropa dengan cara tertutup serta denda senilai 80 000 €, ” demikian rilis resmi UEFA, Sabtu (23/2).

Leave a Reply